Anafia, Dian and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd (2013) Mengembangkan Kecerdasan Emosi Melalui Metode Feeling Band Pada Anak Didik Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Karanganyar, Plupuh, Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (693kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (384kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan upaya pengembangan kecerdasan emosi anak melalui metode feeling band pada anak didk TK Pertiwi Karanganyar Plupuh Sragen tahun 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch) dengan bentuk penelitian perpaduan antara kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah seluruh anak yang berada di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Karanganyar Plupuh Sragen tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 15 anak didik. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara mendalam observasi partisipan, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa kecerdasan emosi anak Taman Kanak-kanak Pertiwi Karanganyar Plupuh Sragen pada pra siklus anak yang dinyatakan tuntas ada 4 anak dari 15 anak (26,67 %), sedangkan yang belum tuntas ada 11 anak dari 15 anak (73,33%). Pada siklus I dinyatakan tuntas ada ada 8 anak dari 15 anak (63,33 %), sedangkan yang belum tuntas ada 7 anak dari 15 anak (46,67 %). Pada siklus II dinyatakan tuntas ada 13 anak dari 15 anak (86,67 %), sedangkan yang belum tuntas ada 2 anak dari 15 anak (13,33 %). Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Melalui metode feeling band dapat mengembangkan kecerdasan emosi anak didik TK Pertiwi Karanganyar Plupuh Sragen tahun 2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosi, Metode Feeling band |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 23 Aug 2013 06:53 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 04:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25324 |
Actions (login required)
View Item |