Penerapan Metode Krulik - Rudnick Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Hasil Belajar Dalam Memecahkan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VIII SMP uhammadiyah 5 Surakarta tahun Ajaran 2012/2013)

Munawaroh, Atik and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Penerapan Metode Krulik - Rudnick Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Hasil Belajar Dalam Memecahkan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas VIII SMP uhammadiyah 5 Surakarta tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (361kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (232kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan metode Krulick -Rudnick. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah sebagai subyek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa kelas VIII A yang berjumlah 33 siswa sebagai subyek penerima tindakan . Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode alur, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam: 1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 21,21% dan diakhir tindakan menjadi 78,79%, 2) menjawab pertanyaan sebesar 18,18% dan diakhir tindakan menjadi 66,67%, 3) menyampaikan ide sebelum tindakan sebesar 24,24% dan diakhir tindakan menjadi 60,61%, dan 4) melakukan presentasi didepan kelas sebelum tindakan sebesar 9,09% dan diakhir tindakan menjadi 45,45%. Tingkat ketuntasan siswa dengan KKM = 70 sebelum tindakan sekitar 15,15% dan diakhir tindakan menjadi 90,91%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan metode Krulik -Rudnick dalam memecahkan soal matematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode Krulik -Rudnick, kemampuan komunikasi matematika, hasil belajar matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Aug 2013 06:54
Last Modified: 02 Nov 2021 23:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25323

Actions (login required)

View Item View Item