Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Sintesa Pada Anak Kelompok B TK Jatirejo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Tahun 2012-2013

Harninik, Sri and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd and , Ummi Hany Eprillia, S.Psi, M.Psi (2013) Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Sintesa Pada Anak Kelompok B TK Jatirejo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Tahun 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (803kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (454kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (695kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Sintesa Pada Anak Kelompok B TK Jatirejo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar Tahun 2012–2013, dan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang disebut juga dengan Classroom Action Research (CAR). Penelitian dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan Siklus II. Subyek penelitian adalah anak-anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Jatirejo Ngargoyoso Karanganyar Tahun Ajaran 2012-2013. Metode sintesa merupakan metode yang tepat untuk diterapkan pada anak Kelompok B TK Jatirejo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar, karena dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak. Kemampuan membaca merupakan salah satu kemampuan yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran di TK, disamping kemampuan aspek yang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode sintesa mampu meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Jatirejo Ngargoyoso Karanganyar Tahun Ajaran 2012-2013. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase dari prasiklus sampai dengan siklus II, yaitu prasiklus kemampuan membaca anak mencapai 39%, siklus I mencapai 66%, dan siklus II mencapai 85%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Permulaan, Metode Sintesa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2013 06:18
Last Modified: 25 Oct 2021 04:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25320

Actions (login required)

View Item View Item