Agustin, Anis Ayu and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2013) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Chalk And Talk Dengan Berbantu Alat Peraga (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIA SMP Negeri 3 Satu Atap Jatipurno). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (938kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
01._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (840kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran Chalk and Talk dengan berbantu alat peraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Satu Atap Jatipurno yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dan hasil belajar siswa. Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dapat dilihat dari indikator-indikator , yaitu banyaknya siswa yang dapat menyatakan ulang sebuah konsep sebelum tindakan sebanyak 12 siswa (35,29%) dan setelah tindakan sebanyak 31 siswa (91,17%); banyaknya siswa yang dapat menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu sebelum tindakan sebanyak 10 siswa (29,41%) dan setelah tindakan sebanyak 27 siswa (79,41%); banyaknya siswa yang dapat mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (26,47%) dan setelah tindakan sebanyak 25 siswa (73,5%). Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mendapatkan nilai memenuhi KKM (≥68) sebelum tindakan sebanyak 10 siswa (29,41%) dan setelah tindakan sebanyak 26 siswa (76,47%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Chalk and Talk dengan berbantu alat peraga dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Chalk and Talk , pemahaman konsep, alat peraga, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Aug 2013 06:23 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25319 |
Actions (login required)
View Item |