Pengembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Bahan Alam Pada Anak Kelompok A Di TK Islam Bakti II Ngesrep Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Wulandari, Ana and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2013) Pengembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Bahan Alam Pada Anak Kelompok A Di TK Islam Bakti II Ngesrep Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (462kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (128kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (345kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan Berhitung Permulaan pada anak kelompok A di TK Islam bakti II Ngesrep, Ngemplak, Boyolali melalui permainan bahan alam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus dengan sembilan kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok A TK Islam Bakti II Ngesrep, Ngemplak, Boyolali tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 14 anak yang terdiri dari 11 anak perempuan dan 3 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dengan komparatif. Sedangkan Validitas data yang digunakan adalah Triangulasi. Berdasarkan hasil tindakan siklus I, siklus II, dan siklus III yang telah dilaksakanakan selama penelitian, menunjukkan adanya perkembangan kemampuan Berhitung Permulaan pada anak kelompok A TK Islam Bakti II Ngesrep, Ngemplak, Boyolali tahun ajaran 2012/2013. Langkah-langkah permainan bahan alam yang berhasil untuk mengembangkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok A di TK Islam Bakti II Ngesrep adalah sebagai berikut: Guru menyiapkan bahan, mengatur tempat duduk anak, menjelaskan permainan secara jelas dan dimengerti oleh anak, guru memberikan contoh dan anak diberi kesempatan bertanya, anak melakukan permainan dengan pengamatan guru, guru memotivasi dan mengevaluasi permainan, guru memberi kesimpulan dan pesan dari permainan yang dilakukan oleh anak

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung Permulaan, permainan bahan alam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Aug 2013 09:08
Last Modified: 01 Nov 2021 02:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25313

Actions (login required)

View Item View Item