Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Gambar Seri Pada Anak Kelompok B TK Kanisius Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013 Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini

Kartini, Yuliana and , Drs. H. Yakub Nasucha, M.Hum. (2013) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Gambar Seri Pada Anak Kelompok B TK Kanisius Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013 Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (534kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (456kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampan bercerita melalui gambar seri pada kelompok B TK Kanisius Delanggu Klaten tahun pelajaran 2012/2013.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelompok B TK Kanisius Delanggu tahun pelajaran 2012/2013. Prosedur pelaksanaan tindakan terbagi dalam dua siklus dengan empat komponen pada tiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi dan pedoman observasi, lembar penilaian cerita gambar seri, dan dokumentasi foto. Kriteria keberhasilan tindakan dibagi menjadi dua, yaitu proses dan produk. Keberhasilan proses diukur berdasarkan peningkatan proses pembelajaran kearah yang lebih baik. Keberhasilan produk diukur berdasarkan ketercapaian indikator dan nilai siswa yang lebih baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelompok B TK Kanisius Delanggu.Peningkatan tampak pada proses dan produk. Peningkatan proses terlihat pada aktivitas siswa dalam pembelajaran. Peningkatan tersebut terlihat dari kondisi siswa yang lebih fokus,lebih antusias, lebih mandiri, lebih aktif, dan senang dalam kegiatan pembelajaran. Peningkatan kualitas proses berdampak positif pada peningkatan kualitas produk. Hal tersebut terlihat pada hasil tes bercerita dari pra tindakan hingga siklus II mengalami peningkatan. Nilai rata-rata kelas juga meningkat, yaitu pra tindakan 64,42, siklus I 73,58, dan siklus II 82,195. Secara keseluruhan pada akhir siklus II ini semua aspek dan criteria bercerita siswa mengalami peningkatan yang cukupsignifikan.Dari hasilpenelitian di atas, terbukti bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelompok B TK Kanisius Delanggu tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bercerita, Gambar Seri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Aug 2013 08:56
Last Modified: 01 Nov 2021 02:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25311

Actions (login required)

View Item View Item