Upaya Meningkatkan Ketrampilan Menulis Melalui Kegiatan Menebalkan Huruf Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Karang Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Wiyanti, Wiwik and , Drs. H. Yakub Nasucha, M.Hum. (2013) Upaya Meningkatkan Ketrampilan Menulis Melalui Kegiatan Menebalkan Huruf Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Karang Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (292kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (212kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang ditujukan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan menulis melalui kegiatan menebalkan huruf pada anak kelompok b Taman kanak-kanak aisyiyah bustanul athfal Karang delanggu klaten Tahun ajaran 2012/2013. Subyek penelitian adalah anak kelas B sejumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif komparatif. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan membandingkan hasil tindakan pada setiap siklus dengan indikator keberhasilan tindakan yang telah ditentukan untuk mengetahui peningkatan tanggung jawab anak pada setiap siklus. Pelaksanaan tindakan dalam 2 siklus. Hasil yang diperoleh menunjukkan ada peningkatan ketrampilan menulis dengan menerapkan kegiatan menebalkan huruf yaitu peningkatan ketrampilan anak pada prasiklus 51,30%, siklus I sebesar 70,31% dan siklus II mencapai 80,47%. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan kegiatan menebalkan huruf dapat meningkatkan ketrampilan menulis anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kegiatan menebalkan huruf, ketrampilan menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Aug 2013 08:47
Last Modified: 01 Nov 2021 02:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25309

Actions (login required)

View Item View Item