Sunarti, Sunarti and , Aryati Prasetyarini, M.Pd. (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Sains Melalui Permainan Exploratif Pada Kelompok B Di TK Pertiwi Sumber Trucuk Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (241kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (177kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (380kB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengembangkan kemampuan sains pada anak melalui permainan exploratif pada TK Pertiwi Sumber Trucuk Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan setting TK Pertiwi Sumber Trucuk Klaten Data tentang prilaku guru, perilaku siswa, dan situasi kelas dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data tentang kemampuan sains pada anak dikumpulkan dengan metode observasi. Analisis data dengan tehnik analisis kritis untuk proses dan tehnik analisis komparatif untuk kemampuam sains pada anak dikumpulkan melalui permainan exploratif. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan permainan exploratif dapat mengembangkan kemampuam sains pada anak di TK Pertiwi Sumber Trucuk Klaten. Perkembangan kemampuan sains dimulai dari prasiklus mencapai 44,75%, siklus I mencapai 61,75%, siklus II mencapai 87,13%. Adapun langkah-langkah penggunaan permainan eksploratif yang berhasil sebagai berikut : (a) menyiapkan media sebelum anak memasuki ruangan, (b) menjelaskan terlebih dahulu kegiatan yang akan dilakukan, (c) menjelaskan media yang akan digunakan, (d) mengkondisikan suasana yang menyenangkan dan memberi variasi kegiatan yang penunjang, (e) menyebutkan warna yang di tunjuk oleh guru, (f) menugaskan anak secara individu dengan lembar kerja anak, (g) memberi motivasi anak yang belum mampu..
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuam Sains, permainan exploratif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Aug 2013 08:30 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 02:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25307 |
Actions (login required)
View Item |