Haryani, Sri and , Aryati Prasetyarini M.Pd. (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Permainan Kartu Warna Di Kelompok B Di TK Pertiwi Tegalampel Karangdowo Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (242kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (137kB) |
|
PDF (Bab ii)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (65kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengembangkan kemampuan mengenal warna melalui permainan kartu warna pada anak TK Pertiwi Tegalampel Karangdowo Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan setting TK Pertiwi Tegalampel Karangdowo Klaten. Data tentang prilaku guru, perilaku siswa, dan situasi kelas dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data tentang kemampuan mengenal warna dikumpulkan dengan metode penugasan. Analisis data dengan tehnik analisis kritis untuk proses dan tehnik analisis komparatif untuk kemampuam mengenal warna dikumpulkan melalui permainan kartu warna. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan permainan kartu warna dapat mengembangkan kemampuam mengenal warna pada anak di TK Pertiwi Tegalampel Karangdowo Klaten. Adapun langkah-langkah penggunaan permainan kartu warna yang berhasil sebagai berikut : (a) menyiapkan media sebelum anak memasuki ruangan, (b) menjelaskan terlebih dahulu kegiatan yang akan dilakukan, (c) menjelaskan media yang akan digunakan, (d) mengkondisikan suasa yang menyenangkan dan memberi variasi kegiatan yang penunjang,(e) menyebutkan warna daun yang di tunjuk oleh guru, mengambil kartu warna dan dapat menyebutkan kartu warna dengan lancar (f) menugaskan anak secara individu dengan lembar kerja anak, (g) memberi motivasi anak yang belum mampu. Adapun pencapaian perkembangan setiap siklus yaitu : dari pra siklus 33,33%, siklus I mencapai 53,33%, dan pada siklus II mencapai 80%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuam mengenal warna, permainan kartu warna |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Aug 2013 08:20 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 02:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25305 |
Actions (login required)
View Item |