Ratnawati, Tutik and , Dra. Sri Gunarsi, SH.,M.H. (2013) Upaya Meningkatkan Pemahaman Sains Melalui Percobaan Benda Cair Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi Ngrundul 1, Kec. Kebonarum, Klaten Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf Download (239kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (5kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (88kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman sains anak kelompok A TK Pertiwi Ngrundul 1, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/ 2013 melalui kegiatan percobaan benda cair. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian tindakan adalah anak kelompok A TK Pertiwi Ngrundul 1, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 33 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kels dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi ditempuh menggunakan lembar observasi pemahaman sains, wawancara dilakukan secara langsung antara peneliti dengan anak, guru kelas maupun dengan kepala sekolah, sedangkan dokumentasi diambil dalam bentuk foto kegiatan. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman sains pada anak kelompok A TK Pertiwi Ngrundul 1, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/ 2013 sebelum dilaksanakan tindakan perbaikan, tingkat pemahamannya baru 3,03%, tetapi setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan percobaan benda cair, maka pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 15,15%, siklus II meningkat menjadi 57,58% dan pada siklus III meningkat menjadi 87,88%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu sebesar 80,00%. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut, maka hipotesis yang menyatakan: “Diduga dengan menggunakan kegiatan percobaan benda cair dapat meningkatkan pemahaman sains pada anak Kelompok A TK Pertiwi Ngrundul 1, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/ 2013 terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman sains, percobaan benda cair |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Aug 2013 07:48 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 02:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25300 |
Actions (login required)
View Item |