Upaya Meningkatkan Kreativitas Dalam Berimajinasi Melalui Permainan Play Dough Bagi Anak Kelompok A Di TK Pertiwi Krakitan II Bayat Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Sunarjo, Mheilina Kurniasari and , Dra. Sri Gunarsi, SH.MH. (2013) Upaya Meningkatkan Kreativitas Dalam Berimajinasi Melalui Permainan Play Dough Bagi Anak Kelompok A Di TK Pertiwi Krakitan II Bayat Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (438kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (355kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak kelas A melalui permainan playdough TK Pertiwi Krakitan II tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian tindakan ini adalah anak kelas A TK Pertiwi Krakitan II yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi penerapan permainan playdough, metode tes yang digunakan untuk mengukur ketrampilan, catatan lapangan untuk mengetahui kegiatan anak dan berdokumentasi dalam penelitian ini yaitu daftar foto kegiatan permainan playdough. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan kreativitas anak kelas A TK Pertiwi Krakitan II Bayat Klaten tahun pelajaran 2012/2013 sebelum dilakukan tindakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu anak yang mempunyai kreativitas permainan playdough dengan baik sebesar 44,98%. Setelah dilakukan tindakan disepakai yaitu dengan menggunakan permainan playdough pada proses pembelajaran meningkatkan kreativitas anak diperoleh hasil yaitu Siklus I menjadi 62,95%, Siklus II meningkat menjadi 79,98%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil Penelitian Tindakan Kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Dengan menggunakan permainan playdough dapat meningkatkan kreativitas anak kelas A TK Pertiwi Krakitan II Bayat Klaten tahun pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, permainan playdough
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Aug 2013 07:17
Last Modified: 29 Oct 2021 23:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25297

Actions (login required)

View Item View Item