Rahmawati, Annisatun and -, Dr. Anam Sutopo, M.Hum (2013) Peningkatan Kemampuan Mengarang Deskripsi Dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Giriroto Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (131kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (233kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (35kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Dafatr Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (752kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan mengarang deskripsi siswa kelas IV SDN 1 Giriroto Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013 atau tidak serta untuk mengetahui sejauh mana peningkatannya. (2) Untuk mengetahui langkah-langkah menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan pemahaman mengarang deskripsi pada pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN 1 Giriroto Ngemplak Boyolali Tahun Peljaran 2012/2013. (3) Untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan mengajarkan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas IV SDN 1 Giriroto Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian di lakukan di SDN 1 Giriroto Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013 pada bulan Januari – Maret 2013. Subyek dalam peneltian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Giriroto Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 anak. Hasil penelitian ini adalah (1) Pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan mengarang deskripsi siswa kelas IV SDN 1 Giriroto Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata pra siklus siswa adalah 60,03 meningkat menjadi 68,31 pada siklus I, dan menjadi 76,00 pada siklus II. Dilihat dari ketercapaian penguasaan materi sebesar 63 bahwa pada prasiklus ada 6 (18,75%), pada siklus I menjadi 23 (71,88%), dan pada siklus II menjadi 30 (93,75%). (2) Peningkatan yang dicapai oleh siswa kelas IV SDN Giriroto Tahun Pelajaran 2012/2013 dalam belajar mengarang deskripsi dengan metode Contextual Teaching and Learning sebesar 15,07 point. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata pra siklus adalah 60,03 meningkat menjadi 68,31 pada siklus I, dan menjadi 76,00 pada siklus II. (3) Kelebihan dan kekurangan mengajarkan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas IV SDN 1 Giriroto Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013 bahwa kelebihannya (a) Siswa memperoleh gambaran nyata tentang lingkungan sekolah, dan (b) Siswa merasa nyaman dalam mengerjakan tugas mengarang. Sedangkan kekurangannya yaitu (a) Guru belum maksimal menjadi fasilitator bagi siswa karena siswa berkelompok dan mencari tempat yang nyaman di lingkungan sekolah, (b) Siswa kurang memaksimalkan waktu yang disediakan guru, karena terkadang mengobrol sama teman-temannya, dan (c) Fokus guru terbelah karena siswa memilih tempat sendiri-sendiri.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Mengarang, Contextual Teaching Learning, Siswa Kelas IV SDN 1 Giriroto |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Aug 2013 06:58 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 03:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25295 |
Actions (login required)
View Item |