Raharjo, Joko and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Upaya Peningkatan AktivItas Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Snow Ball TrRowing Bagi Siswa Kelas I V SDN 1 Jomboran, Klaten Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (663kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (843kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (184kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Snowball Throwing adalah suatu metode pembelajaran yang diawali dengan pembentukan kelompok yang diwakili ketua kelompok untuk mendapat tugas dari guru kemudian masing- masing siswa membuat pertanyaan yang dibentuk seperti bola (kertas pertanyaan) lalu dilempar ke siswa lain yang masing- masing siswa menjawab pertanyaan dari bola yang diperoleh. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS bagi siswa kelas IV SD Negeri 1 Jomboran, kecamatan Klaten Tengah, kabupaten Klaten tahun pelajaran 2012 /2013. Penelitian ini mencoba mengembangkan model Snowball Throwing dan mengaplikasikan pada mata pelajaran IPS materi membaca dan menggambar peta lingkungan setempat dengan menggunakan skala sederhana pada siswa kelas IV, SDN 1 Jomboran , kecamatan Klaten Tengah, kabupaten Klaten yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini mempunyai tahapan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumntasi. Data observasi didapat tingkat aktivitas siswa pada Pra Siklus 20 siswa = 50%, pada akhir Siklus I 26 siswa = 65%, pada akhir Siklus II 34 siswa = 85%. Observasi hasil belajar pada Pra Siklus 6,4 = 50%, pada akhir Siklus I 7,5 = 80%, pada akhir Siklus II 8,7 = 95% atau sekitar 38 siswa dari 40 siswa sudah dinyatakan tuntas. Melalui pengembangan model Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS bagi siswa kelas IV SD Negeri 1 Jomboran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Snowball Throwing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Aug 2013 06:32 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 03:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25287 |
Actions (login required)
View Item |