Implementasi Penyelesaian Soal Secara Sistematis (PS3) Dengan Menggunakan Metode Ekspositori Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta

Intansari, Silfya Kiki and , Drs. Sumardi, M.Si and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Implementasi Penyelesaian Soal Secara Sistematis (PS3) Dengan Menggunakan Metode Ekspositori Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (894kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (675kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) pengaruh metode ekspositori terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) efek interaksi antara metode ekspositori dengan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013 sebanyak empat kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan yang tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan uji liliefors dan uji homogenitas dengan uji Barlett. Dari hasil analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dengan α = 5 % diperoleh : (1) tidak terdapat pengaruh metode pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika dengan FA = 1,103609927, (2) terdapat pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika FB = 57,02335525, (3) tidak terdapat efek interaksi antara metode pembelajaran dengan aktifitas siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan FAB = 0,337659627.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Ekspositori, Aktifitas, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2013 08:13
Last Modified: 02 Nov 2021 23:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25284

Actions (login required)

View Item View Item