Meningkatkan Motivasi Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Jigsaw Di Kelas 5 SD Negeri 1 Tegalyoso Klaten Selatan Tahun 2012/2013

Hantoro, David Rusi and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2013) Meningkatkan Motivasi Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Jigsaw Di Kelas 5 SD Negeri 1 Tegalyoso Klaten Selatan Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_OK.pdf

Download (514kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (558kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitiaan ini adalah untuk meningkatkan motivasi menyelesaikan soal cerita matematika melalui strategi pembelajaran jigsaw dan meningkatkan hasil belajar Matematika melalui strategi pembelajaran jigsaw. Pelaksanaan Penelitian dilaksanakan dua kali tindakan (dua siklus). Setiap siklus tindakan meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Subyek penerima adalah siswa kelas 5 SD Negeri 1 Tegalyoso. Penelitian ini dilaksanakan bulan Januari Sampai dengan April tahun 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan dokumentasi. Teknik Analisa data menggunakan model analisis interaktif mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berupa kesimpulan menunjukkan Siklus I siswa yang tekun menghadapi tugas 68%, ulet menghadapi kesulitan 64%, minat terhadap pelajaran 67%, dapat mempertahankan pendapatnya 54%. Sedangkan siklus II siswa yang tekun menghadapi tugas 72%, ulet menghadapi kesulitan 76%, minat terhadap pelajaran 76%, dapat mempertahankan pendapatnya 70%. Strategi pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan nilai rata-rata siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika, dari kondisi prasiklus 54,38, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 59,66 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 70,31. penulis dapat memberikan saran-saran menggunakan metode yang bervariasi dalam menyampaikan materi pelajaran matematika agar lebih mudah dan menarik bagi siswa, memberikan kesempatan pada siswa untuk terlibat dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: soal cerita matematika, jigsaw, motivasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Aug 2013 07:51
Last Modified: 25 Oct 2021 13:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25282

Actions (login required)

View Item View Item