Hantoro, David Rusi and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2013) Meningkatkan Motivasi Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Jigsaw Di Kelas 5 SD Negeri 1 Tegalyoso Klaten Selatan Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_OK.pdf Download (514kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (558kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (5kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitiaan ini adalah untuk meningkatkan motivasi menyelesaikan soal cerita matematika melalui strategi pembelajaran jigsaw dan meningkatkan hasil belajar Matematika melalui strategi pembelajaran jigsaw. Pelaksanaan Penelitian dilaksanakan dua kali tindakan (dua siklus). Setiap siklus tindakan meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Subyek penerima adalah siswa kelas 5 SD Negeri 1 Tegalyoso. Penelitian ini dilaksanakan bulan Januari Sampai dengan April tahun 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan dokumentasi. Teknik Analisa data menggunakan model analisis interaktif mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berupa kesimpulan menunjukkan Siklus I siswa yang tekun menghadapi tugas 68%, ulet menghadapi kesulitan 64%, minat terhadap pelajaran 67%, dapat mempertahankan pendapatnya 54%. Sedangkan siklus II siswa yang tekun menghadapi tugas 72%, ulet menghadapi kesulitan 76%, minat terhadap pelajaran 76%, dapat mempertahankan pendapatnya 70%. Strategi pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan nilai rata-rata siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika, dari kondisi prasiklus 54,38, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 59,66 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 70,31. penulis dapat memberikan saran-saran menggunakan metode yang bervariasi dalam menyampaikan materi pelajaran matematika agar lebih mudah dan menarik bagi siswa, memberikan kesempatan pada siswa untuk terlibat dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | soal cerita matematika, jigsaw, motivasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Aug 2013 07:51 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 13:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25282 |
Actions (login required)
View Item |