Penerapan Strategi Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD N 2 Logede Karangnongko Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Dewi, Yeny Surya and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD N 2 Logede Karangnongko Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (299kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (529kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA melalui strategi pembelajaran example non example siswa kelas IV SDN 2 Logede Karangnongko dari indicator kemampuan bertanya, kemampuan menjawab soal, aktivitas maju kedepan. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek yaitu guru dan siswa, subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD N 2 Logede yang berjumlah 14 siswa. Metode pengumpulan data dilakukannya melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber dan analisis data menggunakan analisis komparatif. Dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui strategi example non example yang dilihat dari aspek : 1) kemampuan bertanya sebelum tindakan 3 siswa (21,43%) diakhir tindakan 12 siswa (87,71%), 2) Kemampuan menjawab pertanyaan sebelum tindakan 4 siswa (28,57%) dan diakhir tindakan 13 siswa (92,86%), 3) Aktivitas maju kedepan sebelum tindakan 2 siswa (14,29%) dan diakhir tindakan 11 siswa (78,57%), 4) hasil pembelajaran sebelum tindakan 4 siswa (28,57%), siklus I meningkat menjadi 7 siswa (50%), siklus II meningkat lagi menjadi 12 siswa (85,71%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Example non Example dan aktivitas belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Aug 2013 07:35
Last Modified: 25 Oct 2021 13:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25277

Actions (login required)

View Item View Item