Penggunaan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Karanglo, Klaten Selatan Tahun 2012/2013

Kumalasari, Azmi and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Penggunaan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Karanglo, Klaten Selatan Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (357kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (400kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab V)
BABV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktivan dan hasil belajar IPA dengan strategi index card match padasiswa kelas IV SD Negeri 2 Karanglo, Klaten Selatan. mencapai 85% dari jumlah siswa mendapat nilai 65 atau lebih pada siswa kelas IV Semester II Sekolah Dasar Negeri 2 Karanglo, Klaten Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas tempat mengajar, dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktik dan proses dalam pembelajaran IPA. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Karanglo, yang berjumlah 20 siswa. Teknik analisis data digunakan analisis perbandingan aktivitas belajar dan hasil belajar IPA. Data yang dianalisis adalah aktivitas belajar dan hasil belajar IPA sebelum menerapkan metode index card match dan aktivitas dan hasil belajar IPA setelah menerapkan metode index card match sebanyak dua siklus. Data yang berupa skor aktivitas belajar dan hasil belajar IPA antarsiklus tersebut dibandingkan hingga hasilnya dapat mencapai batas ketercapaian atau indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Aktivitas belajar siswa pada siklus I rata-rata mencapai sebanyak 20 siswa, Bertanya sebanyak 12 siswa atau (60%), Menjelaskan Materi Di Depan Kelas sebanyak 9 siswa atau (40%), Memberi Tanggapan sebanyak 10 siswa atau (50%), Menyelesaikan Tugas Secara Mandiri sebanyak 14 siswa atau (70%). Sedangkan pada siklus II sebanyak 20 siswa, Bertanya sebanyak 17 siswa atau (80%), Menjelaskan Materi Di Depan Kelas sebanyak 13 siswa atau (60%), Memberi Tanggapan sebanyak 13 siswa atau (60%), Menyelesaikan Tugas Secara Mandiri sebanyak 17 siswa atau (80%). 2) Data awal hasil belajar IPA nilai rerata sebesar. Siswa yang tuntas nilai belajarnya sebelum tindakan 5 siswa dari 20 siswa (20%), siklus I meningkat menjadi 9 siswa (45%) dan siklus II meningkat menjadi 19 siswa (95%).Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: metode index card match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA mencapai 85% dari jumlah siswa mendapat nilai 65 atau lebih pada siswa kelas IV Semester II SD Negeri 2 Karanglo Tahun Pelajaran 2012/2013

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas dan hasil belajar IPA, metode index card match, dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Karanglo
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Aug 2013 07:14
Last Modified: 25 Oct 2021 13:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25272

Actions (login required)

View Item View Item