Penggunaan Alat Peraga Pesawat Sederhana Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN I Taji Juwiring Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Setyowati, Sri Lestari and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Penggunaan Alat Peraga Pesawat Sederhana Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN I Taji Juwiring Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (359kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (482kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dibagi atas 2 hal, yatu tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umumnya adalah : (1) Untuk meningkatkan keaktifan siswa pada proses pembelajaran, (2) Untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas, (3) Untuk meningkatkan pemahaman siswa atas materi IPA. Adapun tujuan khususnya adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA melalui penggunaan alat peraga Pesawat Sederhana bagi siswa kelas V SDN I Taji Juwiring Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN I Taji, Juwiring dengan jumlah siswa 22 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan alat peraga pesawat sederhana dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN I Taji Juwiring Klaten. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari meningkatnya keaktifan dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, yaitu : pada siklus I jumlah siswa yang memenuhi kriteria aktif ada 18 anak, dan siswa yang tidak aktif ada 4 anak meningkat menjadi siswa yang memenuhi kriteria aktif 20 anak, dan yang tidak aktif ada 2 anak pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata sebelum tindakan ke siklus I yang semula 56,09 meningkat menjadi 68,09. Dari siklus I 68,09 menjadi 80,63 pada siklus II. Jumlah siswa yang mencapai KKM juga meningkat dari 6 anak pada pra tindakan menjadi 16 anak pada siklus I. Dari 16 anak pada siklus I menjadi 20 anak pada siklus II. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa melalui penggunaan alat peraga pesawat sederhana dapat meningkatkan keaktifam dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN I Taji Juwiring Klaten.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: alat peraga pesawat sederhana, keaktifan, hasil belajar, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Aug 2013 07:04
Last Modified: 25 Oct 2021 13:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25271

Actions (login required)

View Item View Item