Pamungkas, Susila and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Dengan Menggunakan Metode Contextual Teaching And Learning Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tambakboyo Pedan Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (310kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_PENGESAHAN_SKRIPSI.pdf Download (330kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (772kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (108kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 1 Tambakboyo Pedan tahun 2012/2013.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Tambakboyo Pedan yang berjumlah 20 siswa. Tehnik pengumpulan data digunakan Tehnik tes, observasi dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis komparatif. Berdasarkan observasi kondisi awal dari 20 siswa hanya 45%( 9 siswa) yang mempunyai motivasi belajar yang tinggi sisanya mempunyai motivasi belajar yang rendah.Penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil apabila ada peningkatan motivasi belajar dengan indikator meliputi : (1) 60 % siswa (12 siswa) menunjukkan peningkatan motivasi belajar IPA yang tinggi pada siklus I , (2) 85% siswa (17 siswa) menunjukkan peningkatan motivasi belajar IPA yang tinggi pada siklus II,(3) 65% siswa (13 siswa) menunjukkan hasil belajar diatas KKM (nilai > 65) pada siklus I, (4) 80% siswa (16 siswa) menunjukkan hasil belajar diatas KKM (nilai > 65) pada siklus II Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 1 Tambakboyo Pedan tahun 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning, motivasi belajar dan hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Aug 2013 08:34 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 12:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25262 |
Actions (login required)
View Item |