Handayani, Kriswati and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV Di SD Negeri 2 Barukan Manisrenggo Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (261kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (413kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (147kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Meningkatkan aktivitas belajar pada mata pelajaran IPA melalui pendekatan kontekstual siswa kelas IV SD Negeri 2 Barukan. (2)Meningkatkan hasil belajar IPA melalui pendekatan kontektual pada siswa kelas IV di SD Negeri 2 Barukan Manisrenggo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV di SD Negeri 2 Barukan Manisrenggo Klaten yang berjumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Tehnik analisis data yang dengan model interaktif meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya aktivitas belajar dan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri 2 Barukan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase indikator pencapaian aktivitas belajar siswa dari pra siklus sampai siklus II pertemuan kedua, yaitu: dari 29 siswa yang ada, dari aspek kerjasama dalam aktivitas belajar dari 65,52% menjadi 89,65%, mendengarkan penjelasan guru dari 51,73% menjadi 86,20%, tanggung jawab dalam percobaan dari 62,07% menjadi 82,75%, rasa senang selama pembelajaran dari 51,73% menjadi 86,20%. Selain itu prosentase hasil belajar siswa yang mencapai KKM (≥65) juga menunjukkan peningkatan, pada pra siklus hanya mencapai 37,93%, pada siklus I meningkat menjadi 65,51%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 89,65%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar yang meningkat pula.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas belajar, penerapan pendekatan kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Aug 2013 08:07 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 12:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25260 |
Actions (login required)
View Item |