Mulyani, Sri and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Media Permainan Manik-Manik Hijau Merah Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Belangwetan Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (274kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (392kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB__II.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB__III.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB___V.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (915kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar operasi hitung bilangan bulat negative pada siswa kelas IV SDN 1 Belangwetan Klaten. Tahun 2012 / 2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas IV SDN 1 Belangwetan selaku observer pembelajaran. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Belangwetan. Obyek dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan media manic-manik ijau dan merah pada siswa kelas IV SDN 1 Belangwetan. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan setiap akhir siklus dilakukan evaluasi untuk mengukur hasil belajar siswa. Proseedur yang dipakai dalam tiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil refleksi pada setiap siklus akan dijadikan pedoman penyusunan perencanaan pada siklus berikutnya. Tehnik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah observasi, tes belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yaitu ditunjukkan dengan adanya peningkatan Nilairata-rata kelas sebelum tindakan (52,71), setelah tindakan menjadi 62,5 (siklus I) dan 81,1 (siklus II). Serta meningkatnya prosentase siswa yang tuntas belajar sebelum tindakan 32%, menjadi 61% (siklus I), 93% (siklus II). Pembelajaran dengan media manic-manik hijau dan merah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Belangwetan Klaten.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas belajar ,hasil belajar, matematika, permainan manikmanik hijau dan merah. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Aug 2013 07:49 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 12:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25259 |
Actions (login required)
View Item |