Umardani, Umardani and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Strategi Jigsaw Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sribit Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
08_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (270kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
00_hal_depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
01_Bab_1.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Bab II)
02_Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
||
PDF (Bab III)
03_Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
||
PDF (Bab IV)
04_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
06_Daftar_Pustaka.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
07_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran IPS melalui penerapan strategi jigsaw siswa kelas IV SD Negeri 2 Sribit Tahun Pelajaran 2012/2013 dan Untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS melalui penerapan strategi jigsaw siswa kelas IV SD Negeri 2 Sribit Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IV SD Negeri 02 Sribit Kecamatan Delanggu. Jenis penelitian adalan penelitian tindakan kelas, metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes, Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Dari hasil peneliti tentang aktivitas belajar siswa di kelas IV SDN 2 Sribit, tindakan yang dilakukan guru sebagai peneliti adalah mendorong siswa agar termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. Strategi jigsaw yang diterapkan berupa belajar kooperatif dan interaktif, dengan memanfaatkan belajar diskusi kelompok yang bertujuan agar siswa bebas mengemukakan ide/pendapatnya sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi yang diajarkan, Strategi jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada saat pembelajaran berlangsung, siswa dituntut aktif untuk mengerjakan soal latihan baik secara kelompok maupun individu.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Jigsaw, IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Aug 2013 07:38 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 12:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25258 |
Actions (login required)
View Item |