Waskito, Pekik and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Penggunaan Media Seqip Dalam Meningkatkan Kreatifitas Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Pomah Kecamatan Tulung Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
09_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (243kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
00_HAL_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
01_BAB_1.pdf Download (175kB) |
|
PDF (Bab II)
02_BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
||
PDF (Bab III)
03_BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
PDF (Bab IV)
04_BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) |
||
PDF (Bab V)
05_BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
06_Daftar_Pustaka.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
07_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan kreatifitas belajar Ilmu Pengatahuan Alam (IPA) melalui penggunaan media SEQIP siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Pomah Kecamatan Tulung dan Untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengatahuan Alam (IPA) melalui penggunaan media SEQIP siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Pomah Kecamatan Tulung Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes, Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Berdasarkan hasil pengolahan data dari penelitian yang telah dilaksanakan dapat ditarik simpulan Hasil Penelitian menunjukkan hasil yang positif yaitu kemampuan siswa dalam mengikuti pelajaran lebih kreatif sehingga banyak materi yang dapat diserap oleh siswa, ketrampilan siswa dalam mengelola kit IPA semakin meningkat bahkan mengalami perubahan positif dari tidak bisa menjadi sangat aktif. Indikator lain yang dapat digunakan adalah dengan meningkatkan hasil belajar siswa dari setiap siklus, perubahan ini cenderung mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya nilai-nilai siswa dari hasil tes atau ujian yang dilakukan di setiap skhir dari siklus. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas tersebut maka dapat untuk menjawab hipotesis tindakan sebagai berikut: “Melalui penerapan media SEQIP dapat meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas V di SD Negeri 2 Pomah semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013” terbukti kebenarannya..
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPA, Kreatifitas, SEQIP |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Aug 2013 07:24 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 12:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25257 |
Actions (login required)
View Item |