Miyatun, Miyatun and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2013) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPS Dengan Pembelajaran Jigsaw Siswa Kelas V SD Negeri 1 Jetis Delanggu Tahun 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (324kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (472kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (5kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS melalui pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas V SD Negeri 1 Jetis Delanggu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas V SD Negeri 1 Jetis Delanggu dengan jumlah 24 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus . Teknik Pengumpulan data dengan teknik tes, dokumentasi dan observasi. Untuk menjamin Validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Data yang diperoleh dari observasi kegiatan siswa dianalisis dengan menghitung persentase dari tiap – tiap aspek yang diamati. Data yang diperoleh dari tes formatif dianalisis untuk menghitung berapa banyak siswa yang sudah tuntas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Jetis mengalami peningkatan. Peningkatan keaktifan dapat ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada perhatian siswa terhadap penjelasan guru dari 58,3% menjadi 75%, merespon pertanyaan dari 41,6 % menjadi 54,2%, berdiskusi dari 50% menjadi 62,5%, mencatat materi dari 75 % menjadi 87,5%, menjelaskan pada anggota dari 50 % menjadi 79,1%. peningkatan hasil belajar ditunjuk dengan adanya peningkatan jmlah siswa yang mencapai ketuntasan minimal, dari 24 siswa pada siklus I siswa tuntas 16. Pada siklus II siswa tuntas 23 siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, IPS, Jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Aug 2013 07:00 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 06:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25254 |
Actions (login required)
View Item |