Hayati, Rizqi Nur and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Kelas IV SD N Kendayaan Blora Tahun Ajar 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._TOTALAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (116kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Melalui Strategi Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas IV SD N Kendayaan Blora. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian guru dan siswa kelas IV SD Negeri Kendayaan yang berjumlah 17 siswa. Dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, pemaparan data dan pengambilan kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar pada siswa kelas IV melalui strategi pembelajaran Cooperative Integrated reading and Composition (CIRC) pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata motivasi belajar siswa pada pra siklus 30,54% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 52,9% dan 57,6%, siklus II sebesar 68,18% dan 84,66% dan peningkatkan hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada pra siklus 41,1% mengalami peningkatan pada siklus I 58,8% dan siklus II 82,3%. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CICR) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV SD Negeri Kendayaan tahun 2012/ 2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Motivasi belajar, Hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Aug 2013 08:38 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 11:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25241 |
Actions (login required)
View Item |