Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengaan Implementasi Metode Modeling The Way Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pilangsari 2 Kecamatan Gesi Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013

Aminatun, Etik and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd (2013) Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengaan Implementasi Metode Modeling The Way Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pilangsari 2 Kecamatan Gesi Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._Bab_I.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Bab II)
5._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab III)
6._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img]
Preview
PDF (Dafta Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (727kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam perihal materi perubahan wujud benda melalui metode pembelajaran Modeling The Way. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pilangsari 2 yang berjumlah 24 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan dibantu oleh guru kelas IV. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Prosedur dalam penelian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Untuk memperoleh data peningkatan hasil belajar siswa penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Pilangsari 2 pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui Metode Modeling The Way. Hal ini dilihat dari pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 42% dan setelah dilakukan tindakan pada siklus I yaitu putaran I 54% dan putaran IIsebesar 71% sedangkan pada siklus II sebesar 79% dan diakhir tindakan pada siklus III sebesar 92%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Metode Modeling The Way dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Pilangsari 2 Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, pembelajaran IPA, Modeling The Way
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Aug 2013 07:59
Last Modified: 31 Oct 2021 11:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25239

Actions (login required)

View Item View Item