Prasetya, Satria Adi and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Problem Based Learning Dan Number Head Together Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa (Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan_(cover-abstrak).pdf Download (885kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (168kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (691kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar matematika setelah dilakukan pembelajaran dengan strategi problem based learning dan number head together, (2) perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari tingkat kemandirian belajar siswa, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen menggunakan strategi problem based learning dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran number head together. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Tehnik analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian pada α = 5%, diperoleh: (1) terdapat pengaruh strategi problem based learning dan number head together terhadap hasil belajar matematika, dengan FA = 7,014, (2) terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika, dengan FB = 4,362, dan (3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika, dengan FAB = 1,665.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning, number head together, kemandirian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Aug 2013 07:08 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25234 |
Actions (login required)
View Item |