Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Problem Based Learning Dan Number Head Together Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa (Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013)

Prasetya, Satria Adi and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Problem Based Learning Dan Number Head Together Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa (Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan_(cover-abstrak).pdf

Download (885kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (691kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar matematika setelah dilakukan pembelajaran dengan strategi problem based learning dan number head together, (2) perbedaan hasil belajar matematika ditinjau dari tingkat kemandirian belajar siswa, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen menggunakan strategi problem based learning dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran number head together. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Tehnik analisis yang digunakan adalah analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian pada α = 5%, diperoleh: (1) terdapat pengaruh strategi problem based learning dan number head together terhadap hasil belajar matematika, dengan FA = 7,014, (2) terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika, dengan FB = 4,362, dan (3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika, dengan FAB = 1,665.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, number head together, kemandirian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Aug 2013 07:08
Last Modified: 02 Nov 2021 23:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25234

Actions (login required)

View Item View Item