Susanto, Sadam Tri and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2013) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Dan Keaktifan Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pokok Bahasan Segi Empat (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Delanggu). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (367kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (71kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (73kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (466kB) |
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan oleh peneliti yang berkolaborasi dengan guru matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika dan keaktifan siswa khususnya pada pokok bahasan segiempat melalui pendekatan realistic mathematics education (RME). Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Delanggu yang berjumlah 36 orang. Langkah penelitian adalah dialog awal, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi. Teknik pengambilan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan kemampuan komunikasi matematika dan keaktifan siswa yaitu kemampuan siswa menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, gambar atau diagram dari yang awalnya sebanyak 13 siswa (36,11%) meningkat menjadi 27 siswa (75,00 %), kemampuan siswa dalam presentasi yang awalnya sebanyak 8 siswa (22,22%) meningkat menjadi 24 siswa (66,67 %), dan keaktifan siswa yang awalnya sebanyak 12 siswa (33,33%) meningkat menjadi 24 siswa (66,67 %). Sehingga disimpulkan penerapan metode pendekatan pembelajaran realistic mathematics education (RME) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika dan keaktifan siswa
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi matematika , keaktifan siswa, realistic mathematics education |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Aug 2013 06:50 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25231 |
Actions (login required)
View Item |