Wulandari, Sisca and , Drs. Djumadi M.Kes (2013) Penerapan Strategi Mind Map Disertai Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Kelas XI IPA 4 SMAN Kebakkramat Karangnayar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (950kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi dengan penerapan strategi Mind Map disertai Think Pair Share pada siswa kelas XI IPA 4 di SMA N Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus. Penelitian ini merapkan strategi Mind Map disertai Think Pair Share selama proses pembelajaran. Tahap penelitian ada 6 tahap, yaitu dialog awal, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observai, refleksi dan evaluasi. Pada teknik pengumpulan data melalui obserasi, wawancara dan test. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa nilai rata-rata afektif mengalami peningkatan dari siklus I samapai siklus III didapatkan hasil akhir yaitu siswa yang komunikatifnya baik sebanyak 32 siswa(88,89%), siswa yang percaya diri sebanyak 31 siswa (86,11%), siswa yang tanggung jawab sebanyak 32 siswa (88,89%) dan siswa yang kreatifnya bagus sebanyak 36 siswa (100%) . Nilai rata-rata kognitif dengan ketuntasan KKM ≥ 75 dari kondisi awal 72,44 (44,44%) pada siklus I meningkat menjadi 75,22 (52,78%) pada siklus II meningkat lagi menjadi 78,75 (69,44%) dan pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 81,67 (83,33%). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi Mind Map disertai Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 4 di SMA N Kebakkramat, Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, strategi mind map dan strategi think pair share. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Aug 2013 06:38 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 15:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25225 |
Actions (login required)
View Item |