Chandra, Yoky Ariski and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2013) Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing Untuk Peningkatan Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Matematika (PTK Siswa Kelas VIII BI SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_depan.pdf Download (641kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (536kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan tanggung jawab dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII BI SMP Muhammadiyah 7 Surakarta dengan strategi active knowledge sharing. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru matematika kelas VIII BI, yang dilakukan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Peningkatan tanggung jawab yaitu (a) melaksanakan dan menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh pada kondisi awal 7 siswa (31,82%), siklus I 11 siswa (50%), siklus II 16 siswa (72,73%), (b) menepati janji pada kondisi awal 9 siswa (40,91%), siklus I 13 siswa (59,09%), siklus II 18 siswa (81,82%), (c) mau menerima akibat dari perbuatannya pada kondisi awal 6 siswa (27,27%), siklus I 9 siswa (40,91%), siklus II 14 siswa (63,64%), dan 2) peningkatan hasil belajar pada kondisi awal 5 siswa (22,73%), siklus I 8 siswa (36,36%), siklus II 15 siswa (68,18%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran active knowledge sharing dapat meningkatkan tanggung jawab dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | active knowledge sharing, tanggung jawab, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Aug 2013 05:57 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25217 |
Actions (login required)
View Item |