Rifa’i, Riza Muhammad and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Polya’s Steps (PTK Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Temon Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (818kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (775kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran problem solving berbasis polya’s steps pada siswa kelas VII-A MTs Negeri Temon. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru matematika dengan peneliti. Siswa kelas VII-A berperan sebagai subyek penerima tindakan yang berjumlah 36 siswa, guru berperan sebagai subyek pemberi tindakan, dan kepala sekolah sebagai subyek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian yaitu metode observasi, tes, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam 1) menjelaskan ide matematika secara lisan, tulisan, gambar, grafik, maupun aljabar dari kondisi awal 30,56% menjadi 86,11%, 2) menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika dari kondisi awal 19,44% menjadi 75%, 3) berdiskusi matematika dari kondisi awal 27,78% menjadi 91,67%. Tingkat ketuntasan siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 70 dari kondisi awal 16,67% menjadi 77,78%. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving berbasis polya’s steps dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi, Hasil Belajar, Problem Solving, Polya’s Steps |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Aug 2013 10:28 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25214 |
Actions (login required)
View Item |