Penerapan Strategi Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Dalam Proses Pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012

Sumarsi, Sumarsi and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko (2013) Penerapan Strategi Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Dalam Proses Pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (761kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (195kB)

Abstract

Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn, materi Demokrasi dalam Berbagai Aspek Kehidupan melalui strategi Team Quiz pada siswa kelas VII1 D SMP Negeri 2 Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah guru kelas, kepala sekolah, dan siswa kelas VII1 D SMP Negeri 2 Jatisrono Kabupaten Wonogiri yang berjumlah 33 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui nara sumber. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan penerapan strategi Team Quiz. Indikator kinerja dalam penelitian ini diharapkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn pada siswa kelas VII1 D SMP Negeri 2 Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012 dapat meningkat minimal 80% dari jumlah keseluruhan 33 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi Demokrasi dalam Berbagai Aspek Kehidupan pada siswa kelas VII1 D SMP Negeri 2 Jatisrono Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012 sesuai indikator yang telah ditetapkan sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah 8 siswa (24,24%). Setelah dilakukan tindakan pada siklus I yaitu dengan menerapkan strategi Team Quiz dalam proses pembelajaran PKn, keaktifan siswa meningkat menjadi 13 siswa (39,39%). Setelah dilakukan tindakan yang direvisi yaitu dengan pemberian motivasi-motivasi dan reward pada siklus II, keaktifan siswa dapat meningkat menjadi 27 siswa (81,81%). Dengan demikian hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator kinerja.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Team Quiz, Keaktifan Belajar, Demokrasi dalam Berbagai Aspek Kehidupan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Aug 2013 06:55
Last Modified: 26 Oct 2021 00:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25211

Actions (login required)

View Item View Item