Kohesi Gramatikal Pengacuan Demonstratif Pada Kisah Nabi Muhammad SAW Dalam Buku “Kisah-Kisah Teladan 25 Nabi Dan Rasul” Karya MB. Alamsyah

Hartanto, Tri and , Dra. Atiqa Sabardila, M. Hum. and , Drs. Andi Haris Prabawa, M. Hum. (2013) Kohesi Gramatikal Pengacuan Demonstratif Pada Kisah Nabi Muhammad SAW Dalam Buku “Kisah-Kisah Teladan 25 Nabi Dan Rasul” Karya MB. Alamsyah. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
nasakah_publikasi.pdf

Download (404kB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat tentang penggunaan kohesi gramatikal pengacuan demonstratif pada kisah Nabi Muhammad saw dalam buku Kisahkisah Teladan 25 Nabi dan Rasul karya MB. Alamsyah. Tujuan penelitian ini untuk (1) memaparkan pengacuan demonstratif tempat pada kisah Nabi Muhammad saw dalam wacana Kisah-Kisah 25 Nabi dan Rasul karya MB. Alamsyah. (2) memaparkan pengacuan demonstratif waktu pada kisah Nabi Muhammad saw dalam wacana Kisah-Kisah 25 Nabi dan Rasul karya MB. Alamsyah.(3) mengidentifikasi letak pengacuan demonstratif waktu dan tempat pada kisah Nabi Muhammad saw dalam wacan Kisah-Kisah Teladan 25 Nabi dan Rasul karya MB. Alamsyah. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah kisah Nabi Muhammad sawdalam buku Kisah-Kisah Teladan 25 Nabi dan Rasul karya MB. Alamsyah. Data dalam penelitian ini adalah sebuah pengacuan demonstratif waktu dan tempat pada kisah Nabi Muhammad dalam buku Kisah-Kisah Teladan 25 Nabi dan Rasul karya MB. Alamsyah. Sumber data dalam penelitian ini kisah Nabi Muhammad saw dalam buku Kisah-kisah Teladan 25 Nabi dan Rasul karya MB. Alamsyah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat. Data yang sudah terkumpul kemudian diklasifikasi berdasarkan demonstratif waktu dan tempat. Setelah teknik pengumpulan data kemudian menentukan teknik analisis data dengan menggunakan metode agih. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (a) pemakaian demonstratif waktu berjumlah empat data, terdiri dari (30) demonstratif waktu kini, (29) demonstratif waktu lampau, (1) demonstratif waktu yang akan datang, dan (7) waktu netral. (b) pemakian demonstratif tempat berjumlah empat, terdiri dari (91) menunjuk temat secara eksplisit, (32) demonstratif yang menunjuk tempat dekat dengan penutur, (31) demonstratif yang agak jauh dengan penutur, dan (1) demonstratif tempat yang jauh denngan penutur.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Demonstratif Waktu dan Tempat
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2013 06:06
Last Modified: 02 Nov 2021 03:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25155

Actions (login required)

View Item View Item