Relawati, Erna Tri and , Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum. and , Drs. Yakub Nasucha, M.Hum. (2013) Kemampuan Menyimak Berita Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Kedawung Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (743kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (396kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan kemampuan menyimak berita siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kedawung Sragen. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat membantu pembaca dalam menemukan metode meningkatkan kemampuan menyimak berita. Selain itu, manfaat hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pembanding bagi peneliti lain dalam pengkajian tentang kemampuan menyimak berita pada umumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, artinya data yang dianalisis dan hasil analisisnya berbentuk deskripsi dan berupa angka-angka. Penelitian ini memfokuskan pada kemampuan menyimak berita pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kedawung Sragen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian tentang kemampuan menyimak berita siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Kedawung Sragen diketahui bahwa kemampuan menyimpulkan bahwa kemampuan menyimak berita siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kedawung Sragen diketahui bahwa persentase rata-rata adalah sebesar 75,42%; hal ini menunjukkan bahwa kemampuan menyimak berita siswa kelas SMP Negeri 1 Kedawung Sragen termasuk kategori baik. Kendala dalam mengembangkan kemampuan menyimak berita antara lain: 1) pemahaman siswa terhadap keterampilan menyimak masih kurang; 2) siswa merasa kurang mendapat manfaat dari belajar menyimak kurang termotivasi untuk belajar; 3) media pembelajaran menyimak yang kurang mencukupi dan belum dimanfaatkan secara efektif; 4) teknik pembelajaran menyimak yang kurang bervariasi; 5) jumlah siswa telalu banyak dan 6) ruang belajar belum menunjang pembelajaran menyimak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menyimak, berita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 31 Jul 2013 05:44 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 03:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25153 |
Actions (login required)
View Item |