Bowo, Sigit Arif and , Dra. Main Sufanti, M.Hum. and , Drs. Djoko Santoso, M.Ag. (2013) Bentuk, Hasil, Dan Respons Siswa Pada Penilaian Kemampuan Aktif Reseptif Dalam Pembelajaran Sastra Di Kelas X.5 SMA Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (610kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (166kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (672kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk penilaian, hasil penilaian dan respons siswa terhadap penilaian pembelajaran sastra kemampuan aktif reseptif di kelas X.5 SMA Negeri 1 Sragen tahun pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adaah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah segala bentuk informasi tentang penilaian pembelajaran sastra kemampuan aktif reseptif di kelas X.5 SMA Negeri 1 Sragen tahun pelajaran 2012/2013. Sumber data terdiri dari adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas X.5, hasil pengamatan, serta dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah: (1) bentuk penilaian yang digunakan dalam penilaian pembelajaran sastra kemampuan kemampuan aktif reseptif adalah tes dan nontes. Bentuk tes menggunakan teknik penilaian portofolio dan tes tertulis. Bentuk nontes menggunakan penilaian sikap; (2) hasil penilaian pada SK mendengarkan cerita rakyat menunjukkan nilai rata-rata kelas untuk penilaian portofolio adalah 80, sedangkan penilaian tes tertulis adalah 82. Pada SK membaca sastra Melayu klasik nilai rata-rata kelas pada penilaian portofolio adalah 83 sedangkan pada penilaian tes tertulis adalah 81. Hasil tersebut menunjukkan nilai siswa sudah tuntas. Pada penilaian sikap nilai rata-rata kelas adalah 3,4 untuk penilaian akhlak mulia dan 3,5 untuk penilaian kepribadian. Hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa sudah memiliki sikap yang baik; (3) bentuk respons siswa berupa respons positif dan respons negatif. Respons positif ditunjukkan semua siswa yang berjumlah 32 siswa dengan mengerjakan semua tugas portofolio yang diberikan guru. Siswa juga sudah menerapkan sikap kejujuran saat berlangsungnya penilaian tes tertulis. Respons negatif ditunjukkan 4 siswa dengan hanya mengerjakan sebagian tugas portofolio dari guru.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan aktif reseptif, bentuk penilaian, hasil, respons siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 30 Jul 2013 06:36 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 02:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25138 |
Actions (login required)
View Item |