Arianto, Fikhi and , Dra. Titik Suryani, M.Sc (2013) Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dan Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_awal.pdf Download (802kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (156kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (241kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar biologi menggunakan pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) dan TPS (Think Pair Share) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Colomadu Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 2 Colomadu tahun pelajaran 2011/2012. Sampel terdiri dari 3 kelas yaitu kelas VIII E sebagai kelas kontrol (menggunakan metode ceramah), kelas VIII D sebagai kelas eksperimen I (menggunakan pembelajaran Two Stay Two Stray), kelas VIII F sebagai kelas eksperimen II (menggunakan pembelajaran Think Pair Share). Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa pada aspek kognitif dengan tes bentuk obyektif. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan uji tersebut didapat hasil untuk uji normalitas TSTS, TPS, dan ceramah lebih besar dari taraf signifikansi 5% (0,063>0,05, 0,200>0,05, 0,056>0,05), sedangkan uji homogenitas lebih besar dari taraf signifikansi 5% (0,493>0,05). Berdasarkan hasil tersebut maka data hasil belajar kognitif siswa berdistribusi normal dan homogen, kemudian dilakukan uji anava satu jalur (One Way ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas dengan pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray), kelas dengan pembelajaran TPS (Think Pair Share), dan kelas control (dengan metode ceramah), terdapat perbedaan secara nyata. Hal ini ditunjukkan dari uji anava satu jalur (One Way ANOVA) dihasilkan bahwa Fhitung(0,05) > Ftabel(α=0,05) (9,615 > 3,086).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | studi komparasi, kuasi eksperimen, kuantitatif, tsts, tps, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 30 Jul 2013 05:09 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 15:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25134 |
Actions (login required)
View Item |