Lestari, Sri and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko and , Dra. Sundari, SH., M.Hum (2013) Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Todanan Blora Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (772kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (940kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (325kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui implementasi nilai-nilai kejujuran dalam proses belajar mengajar pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Todanan Blora Tahun Ajaran 2011/ 2012. 2) Mengetahui implementasi nilai-nilai kejujuran dalam kegiatan ekstrakurikuler pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Todanan Blora Tahun Ajaran 2011/2012. 3) Mengetahui implementasi nilai-nilai kejujuran di lingkungan sekolah pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Todanan Blora Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. strategi penelitianya adalah kasus tunggal terpancang agar dalam penelitian ini lebih mudah dalam mencari data yang sesuai dengan masalah, serta mengumpulkan datanya lebih terarah dari pada tujuan yang hendak dicapai. Teknik pengumpulan data yang digunkan dalam penelitian adalah : 1) Wawancara Mendalam, 2) Observasi, 3) Mencatat Arsip dan Dokumen. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama trianggulasi sumber data yang berupa informasi dari tempat, peristiwa dan dokumen serta arsip yang memuat catatan yang berkaitan dengan data yang dimaksudkan. Kedua, triangulasi teknik atau metode pengumpulan data yang berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumen. Di samping itu digunakan pula teknik informan review untuk menguji keabsahan data dengan cara memberikan daftar laporan kepada informan untuk dilakukan pengecekan keabsahan datanya. Berdasarkan hasil analisis data penelitian tentang Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Todanan Blora Tahun Ajaran 2012/2013), yaitu: 1) Mengetahui implementasi nilai-nilai kejujuran dalam proses belajar mengajar pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Todanan Blora Tahun Ajaran 2011/ 2012 dengan cara a) Menanamkan kesadaran untuk selalu jujur dan menyadari akibat buruk kebohongan. b) Membiasakan sikap jujur sebagai budaya didalam kelas. c) Kesadaran jujur tidak akan dihukum. d) Komunikasi yang baik dengan murid. 2) Implementasi nilai-nilai kejujuran dalam kegiatan ekstrakurikuler pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Todanan Blora Tahun Ajaran 2011/2012 melalui kegiatan pramuka. 3) Implementasi nilai-nilai kejujuran di lingkungan sekolah pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Todanan Blora Tahun Ajaran 2011/2012 melalui kantin kejujuran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, penanaman, nilai-nilai kejujuran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 29 Jul 2013 08:46 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 00:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25127 |
Actions (login required)
View Item |