Febriyantika P, Fenny and , Drs.Joko Suwandi, S.E, M.Pd and -, Dr.Darsinah, M.Si (2013) Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi Dengan Menggunakan Metode Word Square (PTK Pada Siswa Kelas VIII H Semester Genap Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta 1 Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (462kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (225kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (116kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (57kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar ekonomi dengan menggunakan metode Word Square pada siswa kelas VIII H MTs Negeri Surakarta 1 Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Penelitian ini dilaksanakan dua kali siklus dan dua kalian pertemuan setiap siklusnya. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII H MTs Negeri Surakarta 1 dengan jumlah 37 siswa. Subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dibantu oleh guru kelas. Metode ini pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritis dan teknik komparasi. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa dalam belajar ekonomi dengan menggunakan metode Word Square. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Hasrat dan keinginan belajar, 2) Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar pada siswa , 3) Keinginan dan harapan untuk berprestasi mewujudkan cita-cita, 4) Semangat dalam belajar siswa pada. Pada siklus I pertemuan I sebesar 54,50%, pertemuan II meningkat sebanyak 68,61%. Pada siklus II pertemuan I sebesar 80,10%, pertemuan II meningkat sebesar 85,96%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari pencapaian nilai KKM (71) sebelum tindakan 67,10, siklus I 70,64, dan pada siklus II 83,62. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran Word Square dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar kelas VIII H MTs Negeri Surakarta 1.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran Word Square, motivasi belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 29 Jul 2013 07:14 |
Last Modified: | 30 Oct 2021 05:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25117 |
Actions (login required)
View Item |