Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi Dengan Menggunakan Metode Word Square (PTK Pada Siswa Kelas VIII H Semester Genap Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta 1 Tahun Ajaran 2012/2013)

Febriyantika P, Fenny and , Drs.Joko Suwandi, S.E, M.Pd and -, Dr.Darsinah, M.Si (2013) Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi Dengan Menggunakan Metode Word Square (PTK Pada Siswa Kelas VIII H Semester Genap Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta 1 Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (462kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (225kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar ekonomi dengan menggunakan metode Word Square pada siswa kelas VIII H MTs Negeri Surakarta 1 Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Penelitian ini dilaksanakan dua kali siklus dan dua kalian pertemuan setiap siklusnya. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII H MTs Negeri Surakarta 1 dengan jumlah 37 siswa. Subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dibantu oleh guru kelas. Metode ini pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritis dan teknik komparasi. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa dalam belajar ekonomi dengan menggunakan metode Word Square. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Hasrat dan keinginan belajar, 2) Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar pada siswa , 3) Keinginan dan harapan untuk berprestasi mewujudkan cita-cita, 4) Semangat dalam belajar siswa pada. Pada siklus I pertemuan I sebesar 54,50%, pertemuan II meningkat sebanyak 68,61%. Pada siklus II pertemuan I sebesar 80,10%, pertemuan II meningkat sebesar 85,96%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari pencapaian nilai KKM (71) sebelum tindakan 67,10, siklus I 70,64, dan pada siklus II 83,62. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran Word Square dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar kelas VIII H MTs Negeri Surakarta 1.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Word Square, motivasi belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2013 07:14
Last Modified: 30 Oct 2021 05:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25117

Actions (login required)

View Item View Item