Peningkatan Keaktifan Belajar Dengan Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dengan Memposting Buku Besar Transaksi Pembelian Dan Penjualan Di Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Delanggu Tahun 2012/2013

Setyowati, Dwi Indah and , Drs.Sudarto HS. MM and , Drs.Nur Chusni, SE., M.Ag (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Dengan Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dengan Memposting Buku Besar Transaksi Pembelian Dan Penjualan Di Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Delanggu Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (560kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (643kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1)Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode Resitasi dapat meningkatkan keaktifan belajar akuntansi dengan memposting buku besar transaksi pembelian dan penjualan pada siswa kelas X Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Delanggu tahun 2012/2013, (2)Untuk mengetahuiapakah dengan menggunakan metode Resitasi dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi dengan memposting buku besar transaksi pembelian dan penjualan pada siswa kelas X Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Delanggu tahun 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dalam 2 siklus. Siklus pelaksanaan PTK dilakukan melalui empat tahap, yakni : (1) Perencanaan Tindakan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, (4) Analisis dan Refleksi Tindakan. Subyek penelitian adalah penerapan Metode Resitasi pada siswa kelas X Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Delanggu yang berjumlah 27 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian, dimana peneliti sebagai guru berkolaborasi dengan guru bidang studi akuntansi untuk melakukan penelitian. Kesimpulan penelitian ini adalah Sebelum dilakukan tindakan penerapan metode resitasi, untuk aspek keaktifan mengerjakan tugas sejumlah 18 anak dengan nilai presentase 66,7% pada siklus I sejumlah 22 anak dengan presentase 81,5% pada siklus II sejumlah 27 anak dengan presentase 100%. Untuk aspek keaktifan bertanya sebelum dilakukan tindakan sejumlah 7 anak dengan nilai presentase 25,9% pada siklus I untuk indikator aktif sejumlah 12 anak dengan presentase 44,45 pada siklus II sejumlah 21 anak dengan presentase 77,8%. Untuk aspek keaktifan menjawab pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sejumlah 6 anak dengan nilai presentase 22,2% pada siklus I sejumlah 14 anak dengan presentase 51,85% pada siklus II sejumlah 22 anak dengan presentase 81,5%. Hasil belajar siswa yang diperoleh peneliti juga mengalami peningkatan yang cukup baik terbukti dengan sebelum diadakan tindakan, siswa yang tuntas belajar sejumlah 6 siswa dengan presentase sebesar 22,2 % pada siklus I siswa yang tuntas belajar sejumlah 11 anak dengan presentase 40,7% pada siklus II siswa yang tuntas belajar sejumlah 24 anak dengan presentase 88,9% dengan KKM 7,5.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Keaktifan Belajar, dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2013 07:08
Last Modified: 30 Oct 2021 05:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25116

Actions (login required)

View Item View Item