Huda, Ahmad Miftakhul and , Agus Prasetyo, S.Pd., M.Pd. (2013) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Pondok Pesantren Khalafiah Di Kudus (Studi Kasus Pada Madrasah Aliyah Di Pondok Pesantren Assalam Desa Tanjung Karang Kecamatan Jati Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (150kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (438kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan silabus dan RPP yang dibuat guru PKn sebelum mengajar di kelas dan implementasi pembelajaran PKn pada MA Pondok Pesantren Assalam Desa Tanjung Karang Kecamatan Jati Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi dan wawancara. Untuk menguji keabsahan datanya dengan cara triangulasi sumber dan teknik (metode). Untuk menganalisis data menerapkan model analisis interaktif melalui pengumpulan data, reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Silabus dan RPP yang dibuat guru PKn sebelum mengajar di MA Pondok Pesantren Assalam Desa Tanjung Karang Kecamatan Jati Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013 mengacu pada hasil musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kudus. Komponen silabus sebagaimana yang disusun mencakup: (1) standar kompetensi (2) kompetensi dasar (3) materi pembelajaran (4) nilai budaya dan karakter bangsa (5) kewirausahaan/ekonomi kreatif (6) kegiatan pembelajaran (7) indikator pencapaian kompetensi (8) penilaian (9) alokasi waktu (10) sumber belajar. Sistematika RPP yang dibuat meliputi: (1) penulisan judul RPP (2) identitas RPP yang mencakup nama sekolah, mata pelajaran, materi pokok, metode pembelajaran, kelas/semester, alokasi waktu (3) standar kompetensi (4) kompetensi dasar (5) indikator pencapaian kompetensi (6) nilai budaya dan karakter bangsa kegiatan pembelajaran (7) kewirausahaan/ekonomi kreatif (8) tujuan pembelajaran (9) tujuan pembelajaran (10) strategi pembelajaran (11) perangkat pembelajaran (12) penilaian dan tindak lanjut. Hasil penelitian ini juga menyimpulkan jika materi pelajaran yang diberikan guru dalam kelas, secara garis besar sama dengan sekolah Madrasah Aliyah ataupun Sekolah Menengah Atas lainnya. Hal tersebut karena telah menjadi kesepakatan MGMP. Perbedaannya hanya saat penyampaian materi PKn di kelas, terkadang mengkaitkan materi dengan ayat-ayat Al-Qur’an atau Hadits. Guru mencoba menerapkan metode, model, strategi, dan media pembelajaran yang efektif di kelas. Guru juga berusaha melakukan penilaian yang objektif agar mendapatkan hasil yang efektif dalam mengevaluasi kemampuan siswa (santri).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pembelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan, Pondok Pesantren, Pesantren Khalafiah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 26 Jul 2013 07:31 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 00:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25101 |
Actions (login required)
View Item |