Ardini, Meilisa Dwi and , Drs.Djumali, M.Pd. and , Drs.Djalal Fuadi,M.M (2013) Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Ditinjau Dari Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Guru Mengajar Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas MUhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (952kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi guru mengajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial, 2) pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap prestasibelajar ilmu pengetahuan sosial, 3) pengaruh persepsi siswa mengenai kompetensi guru mengajar dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 160 siswa dengan sampel sebanyak 110 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier ganda, uji t, uji f, dan sumbangan efektif dan sumbangan relatif Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y= 31,616 + 0,711X1 + 0,658 X2 , artinya prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial dipengaruhi oleh persepsi siswa mengenai kompetensi guru mengajar dan kemandirian belajar siswa. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa : 1) Persepsi siswa mengenai kompetensi guru mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel , yaitu 2,130 > 1,982 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05 yaitu 0,035. 2) kemandirian belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan social. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 1,990 > 1,982 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05 yaitu 0,049. 3) persepsi siswa mengenai kompetensi guru mengajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 10,800 > 3,081, dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 4) variabel persepsi siswa mengenai kompetensi guru mengajar memberikan sumbangan efektif 8,7% dan SR 52%, variabel kemandirian belajar siswa memberikan sumbangan efektif 8 % dan SR 48%. Sehingga total sumbangan efektif kedua variabel sebesar 16,7% sedangkan sisanya 83,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Guru Mengajar, Kemandirian Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5301 Economic Education |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 25 Jul 2013 11:17 |
Last Modified: | 02 Jun 2022 03:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25093 |
Actions (login required)
View Item |