Kartini, Kartini and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2013) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Melalui Metode Pembelajaran Problem Based Learning ( PTK Siswa Kelas VII D di SMP Negeri 2 Sawit, Boyolali 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
01_Halaman_Depan.pdf Download (274kB) |
|
|
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf Download (125kB) |
|
PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
07_Daftar_Pustaka.pdf Download (91kB) |
|
PDF (Lampiran)
08_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
09_Naskah_publikasi.pdf Download (131kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas VII D SMP N 2 Sawit Boyolali dengan menggunakan metode pembelajaran problem based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru matematika dengan peneliti. Subyek penelitiannya antara lain adalah guru matematika kelas VII D SMP N 2 Sawit Boyolali sebagai subyek peneliti tindakan, siswa kelas VII D SMP N 2 Sawit Boyolali yang berjumlah 31 siswa sebagai subyek penerima tindakan, sedangkan peneliti sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dilihat dari indikator yang meliputi (1) siswa yang mampu mengidentifikasi masalah 12,90% sebelum tindakan, setelah tindakan menjadi 58,06% (2) siswa yang mampu merencanakan penyelesaian 9,67% sebelum tindakan, setelah tindakan menjadi 61,29% (3) siswa yang mampu menjalankan rencana 16,12 % sebelum tindakan, setelah tindakan menjadi 54,83% (4) siswa yang mampu memeriksa kembali 12,90%, setelah tindakan menjadi 64,51%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari indikator kemampuan mengerjakan soal evaluasi ³ KKM 16,12% sebelum tindakan, setelah tindakan menjadi 64,51%. Dengan adanya peningkatan kedua aspek tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | masalah, problem-based-learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 25 Jul 2013 05:15 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 22:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25067 |
Actions (login required)
View Item |