Darmawan, Aris and , Drs. Ahmad Muhibbin, M.Si. (2013) Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dalam Penyelesaian Tugas-Tugas Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 3 Masaran Kabupaten Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (571kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (303kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pemanfaatan perpustakaan sekolah bagi siswa dalam penyelesaian tugas-tugas mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Muhammadiyah 3 Masaran Kabupaten Sragen; (2) Kendala-kendala pemanfaatan perpustakaan sekolah bagi siswa dalam penyelesaian tugas-tugas mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Muhammadiyah 3 Masaran Kabupaten Sragen, dan (3) Upaya-upaya apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah bagi siswa dalam penyelesaian tugas-tugas mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Muhammadiyah 3 Masaran Kabupaten Sragen. Adapun idikator pemanfaatan perpustakaan sekolah adalah: (1) Siswa memanfaatkan perpustakaan sekolah untuk membaca koleksi buku-buku materi pelajaran; (2) Siswa memanfaatkan perpustakaan sekolah untuk meminjam koleksi buku-buku materi pelajaran. (3) Siswa memanfaatkan perpustakaan sekolah sumber nformasi tentang materi pelajaran; (4) Siswa memanfaatkan perpustakaan sekolah untuk membantu penyelesaian tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas siswa dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah. Penelitin ini menggunakan dua macam trianggulasi yaitu teknik pengumpulan data dan sumber data. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif yang meliputi; pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam penyelesaian tugas-tugas mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Muhammadiyah 3 Masaran Kabupaten Sragen. Kesimpulan penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa guru dan siswa dapat memanfaatkan perpustakan sekolah dengan baik, walaupun banyak kendala-kendala yang menghambat.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Penyelesaian Tugas-tugas, Pendidikan Kewarganegaraan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 24 Jul 2013 11:57 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 00:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25058 |
Actions (login required)
View Item |