Aziz, Abdul and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Solving Dengan Model Think Pair Share Dan Group Investigation Ditinjau Dari Siswa Berfikir Kritis (Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Klego Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (333kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (44kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (35kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (374kB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan menguji : (1)pengaruh pembelajaran matematika berbasis problem solving dengan model Think Pair Share dan Group Investigation terhadap prestasi belajar matematika, (2) tingkat berfikir kritis terhadap prestasi belajar matematia, (3) interaksi antara penggunaan model pembelajaran Think Pair Share, Group Investigation dan tingkat berfikir kritis terhadap prestasi belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Klego tahun ajaran 2012/2013. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang dikenai model Think Pair Share berbasis problem solving dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan dikenai model Group Investigation berbasis problem solving. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi (nilai rapot matematika semester ganjil) untuk mengetahui kemampuan awal dan metode test untuk mengetahui prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji lanjut pasca anava dengan metode Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh hasil : (1) ada pengaruh pembelajaran matematika berbasis problem solving dengan model think Pair Share dan Group Investigation terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai FA = 5,57 (2) ada pengaruh tingkat berfikir kritis terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai FB = 8,756, (3) tidak ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran Think Pair Share, Group Investigation dan tingkat berfikir kritis terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai FAB = 0,251.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran (Think Pair Share dan Group Investigation), Berfikir Kritis, Prestasi belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Jul 2013 07:12 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 22:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25036 |
Actions (login required)
View Item |