Peningkatan Pemahaman Konsep Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Pendekatan Open-Ended Pada Siswa Kelas V SDN 02 Ngargoyoso Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Wahyuningrum, Rachmavita (2012) Peningkatan Pemahaman Konsep Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Pendekatan Open-Ended Pada Siswa Kelas V SDN 02 Ngargoyoso Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._Halaman_Depan.pdf

Download (599kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_1.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._Naskah_Publikasi_Karya_Ilmiah.pdf

Download (174kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dalam menyelesaikan soal cerita matematika melalui pendekatan Open-Ended pada siswa kelas V SDN 02 Ngargoyoso Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 02 Ngargoyoso Karanganyar, terdiri dari 8 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Objek penelitian ini adalah pembelajaran matematika materi Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observas dan refleksi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis interaktif yang terbagi dalam tiga tahapan, yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data diperoleh hasil bahwa melalui pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open-ended dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Dimana sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 22% dari jumlah siswa keseluruhan. Kemudian setelah dilakukan tindakan siklus I dengan pembelajaran menggunakan pendekatan open-ended sebanyak 13 siswa mendapat nilai 65 keatas yang berarti ketuntasan belajar siswa mencapai 59% dari jumlah siswa keseluruhan. Ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan kembali setelah dilakukan tindakan siklus II ketuntasan belajar siswa menjadi 81% dari jumlah siswa keseluruhan dengan rincian 18 siswa mendapatkan nilai 65 keatas, sedangkan 4 siswa lainnya masih mendapatkan nilai dibawah KKM.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Open-Ended, pemahaman konsep, soal cerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2013 08:35
Last Modified: 23 Jul 2013 08:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25021

Actions (login required)

View Item View Item