Muzazanah, Siti and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Pendayagunaan Benda Konkret Dalam Upaya Peningkatan Hasl Belajar Pada Pembelajaran Tematik Kelas III SDN Nusukan Barat 113 Banjarsari Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (389kB) |
|
|
PDF (Bab I)
SITI_BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
SITI_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Bab III)
SITI_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
PDF (Bab IV)
SITI_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
PDF (Bab V)
SITI_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
SITI_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (74kB) |
|
PDF (Lampiran)
SITI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (566kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik melalui pendayagunaan benda konkret kelas III SDN Nusukan Barat 113 Banjarsari Surakarta tahun pelajaran 2012/2013,.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas.Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas III sebanyak 31 siswa terdiri dari (18 laki-laki 13 perempuan). Obyek penelitian hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Metode pengumpulan data wawancara dan observasi, dokumentasi dan tes. Jenis data yang dikumpulkan bersifat kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan pendayagunaan benda konkret pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III, dapat dibuktikan kebenarannya pada pokok bahasan alat ukur berat, Peningkatan hasil belajar tuntas siswa dari 18 siswa (58.06 %) pada pra siklus, meningkat menjadi 23 siswa (70,97 %) pada siklus 1 dan menjadi 26 siswa ( 83,87%) pada siklus 2. Sedang yang belum tuntas pada pra siklus ada 13 siswa (41,94%), pada sklus 1 yang belum tuntas 8 siswa (29.03%) dan pada siklus 2 yang belum tuntas 5 Siswa (16,13%). Rerata nilai dari pra siklus 63,26, siklus 1 dapat 71,13 dan siklus 2 :75,13..Berdasarkan dari hasil pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II mengenai penggunaan alat peraga benda konkret pada pembelajaran tematik kelas III SDN Nusukan Barat 113 menunjukkan hasil belajar meningkat.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendayagunaan, Pembelajaran, Tematik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 22 Jul 2013 11:57 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 08:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25005 |
Actions (login required)
View Item |