Penerapan Strategi Jigsaw Untuk Peningkatkan Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 02 Blumbang Tawangmangu Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Saputra, Herynda Hadi and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Penerapan Strategi Jigsaw Untuk Peningkatkan Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 02 Blumbang Tawangmangu Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (555kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan melalui penerapan strateti jigsaw untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 02 Blumbang Tawangmangu Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 02 Blumbang Tawagmangu. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Tiap siklus dilaksanakan empat langkah, model Kurt Lewin dalam Basuki Wibowo (2003;17) yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif yang mengutamakan studi deskripsi. Sumber data menggunakan data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari objek penelitian, yang dalam hal ini adalah keaktifan dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data bersifat kualitatif yang berhubungan dengan proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit terlihat dari aspek yang diamati : (1) Bertanya apabila kurang paham Kondisi awal 54%, siklus I sebesar 77 % dan siklus ke II sebesar 92%. (2) Aspek Kerja sama dengan anggota kelompok kondisi awal sebesar 31 %, Siklus I sebesar 62% dan siklus II sebesar 77%. (3) Aspek mendengarkan penjelasan guru kondisi awal sebesar 46%, Siklus I sebesar 69% dan siklus II sebesar 85%.(4) Aspek mengemukakan pendapat kondisi awal 31%, siklus I sebesar 62%, siklus II sebesar 77%.(5) Hasil belajar kondisi awal 46% meningkat 85% pada siklus I dan 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan dengan penerapan strategi jigsaw terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 02 Blumbang Tawangmangu Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Jigsaw, Keaktifan, Belajar, Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Jul 2013 11:57
Last Modified: 25 Oct 2021 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25004

Actions (login required)

View Item View Item