Saputra, Herynda Hadi and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Penerapan Strategi Jigsaw Untuk Peningkatkan Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 02 Blumbang Tawangmangu Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (555kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (168kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (776kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan melalui penerapan strateti jigsaw untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 02 Blumbang Tawangmangu Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 02 Blumbang Tawagmangu. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Tiap siklus dilaksanakan empat langkah, model Kurt Lewin dalam Basuki Wibowo (2003;17) yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif yang mengutamakan studi deskripsi. Sumber data menggunakan data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari objek penelitian, yang dalam hal ini adalah keaktifan dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data bersifat kualitatif yang berhubungan dengan proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit terlihat dari aspek yang diamati : (1) Bertanya apabila kurang paham Kondisi awal 54%, siklus I sebesar 77 % dan siklus ke II sebesar 92%. (2) Aspek Kerja sama dengan anggota kelompok kondisi awal sebesar 31 %, Siklus I sebesar 62% dan siklus II sebesar 77%. (3) Aspek mendengarkan penjelasan guru kondisi awal sebesar 46%, Siklus I sebesar 69% dan siklus II sebesar 85%.(4) Aspek mengemukakan pendapat kondisi awal 31%, siklus I sebesar 62%, siklus II sebesar 77%.(5) Hasil belajar kondisi awal 46% meningkat 85% pada siklus I dan 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan dengan penerapan strategi jigsaw terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 02 Blumbang Tawangmangu Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Jigsaw, Keaktifan, Belajar, Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Jul 2013 11:57 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 06:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25004 |
Actions (login required)
View Item |