PENGARUH KUALITAS JASA SISTEM INFORMASI TERHADAP KEPUASAN DAN PERILAKU PARA PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI

Suciningsih, Heny (2008) PENGARUH KUALITAS JASA SISTEM INFORMASI TERHADAP KEPUASAN DAN PERILAKU PARA PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B_200_040_279.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)

Abstract

Kualitas jasa yang baik merupakan hal yang sangat penting dalam menciptakan kepuasan pelanggan, namun untuk mengambil bagaimana untuk mengevaluasi kualitas yang diterima oleh konsumen tidaklah mudah. Kurt dan Clow dalam Munawaroh (2000) menyatakan bahwa kualitas jasa lebih sukar untuk dievaluasi dibandingkan dengan kualitas barang. Tujuan penelitian ini adalah memberikan bukti empiris mengenai keefektifan sistem informasi ditinjau dari dimensi kualitas jasa pada Rumah Sakit di Wilayah Surakarta dan mengidentifikasi hubungan antara kualitas jasa terhadap kepuasan dan perilaku pemakai jasa sistem informasi. Sehingga dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi manajer sistem informasi dalam memberikan informasi mengenai pentingnya faktor kepuasan dengan memperhatikan kualitas jasa sistem informasi yang diberikan kepada pengguna jasa. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai rumah sakit yang berlokasi di wilayah Surakarta. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan purposive sampling yaitu dengan menggunakan judgment samply yang mana metode ini untuk memilih unsur sampel yang memiliki informasi seperti yang dikehendaki penelitian (Sekaran, 2000: 278). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tangible tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pemakai sistem informasi dengan thitung 0,859 < 2,040 (p > 0,397). Reliability berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pemakai sistem informasi dengan thitung 6,085 > 2,040 (p > 0,000). Responsiveness tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pemakai sistem informasi dengan thitung 0,660 < 2,040 (p > 0,514). Assurance tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pemakai sistem informasi dengan thitung -0,470 < 2,040 (p > 0,642). Empathy berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pemakai sistem informasi dengan thitung 2,721 > 2,040 (p > 0,011). Tangible tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku pemakai sistem informasi dengan thitung 1,209 < 2,040 (p > 0,236). Reliability berpengaruh signifikan terhadap perilaku pemakai sistem informasi dengan thitung 3,769 > 2,040 (p > 0,001). Responsiveness tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku pemakai sistem informasi dengan thitung - 1,783 < 2,040 (p > 0,084). Assurance tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku pemakai sistem informasi dengan thitung 0,489 < 2,040 (p > 0,628). Empathy berpengaruh signifikan terhadap perilaku pemakai sistem informasi dengan thitung 2,413 > 2,040 (p > 0,022).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy, kepuasan, perilaku.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Jun 2008 03:43
Last Modified: 17 Nov 2010 14:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25

Actions (login required)

View Item View Item