Janti, Evi Kurnia and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Segitiga Melalui Strategi Pembelajaran Course Review Horay (PTK Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanon 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
01_Halaman_Depan.pdf Download (450kB) |
|
|
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf Download (84kB) |
|
PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
||
PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
||
PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (57kB) |
|
PDF (Lampiran)
08_Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
09_naskah_publikasi.pdf Download (234kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas VII A pada materi segitiga dengan strategi pembelajaran Course Review Horay. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Tanon berjumlah 32 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dibantu dengan guru matematika. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi segitiga melalui strategi pembelajaran Course Review Horay. Hal ini dapat dilihat dari (1) peningkatan keaktifan siswa melalui indikator-indikator, yaitu: a) mengajukan pertanyaan sebelum putaran 9,38%, dan setelah putaran III 37,5%, b) mengerjakan soal di depan kelas sebelum putaran 18,75%, dan setelah putaran III 59,375%, c) mengemukakan ide atau pendapat sebelum putaran 9,38%, dan setelah putaran III 31,25%, dan d) menjawab pertanyaan sebelum putaran 15,63%, dan setelah putaran III 46,875%. (2) peningkatan hasil belajar siswa siswa mengerjakan soal individu dengan nilai lebih dari sama dengan 60, yaitu kondisi awal sebelum putaran 43,75%, dan setelah putaran III 68,75%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, hasil belajar, Course Review Horay |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 22 Jul 2013 11:23 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 22:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24997 |
Actions (login required)
View Item |